Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan


       Manusia dan kebudayaan adalah salah sutu ikatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptkan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikan secara turun menurun. Budaya tercipta dari kehidupan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

Antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dick Hartoko bahwa munisia menjadi manusia merupakan kebudayaan.

Hampir semua tindakan munisia itu mepukan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan. Manisia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu :
a. penganut kebudayaan
b. pembawa kebudayaan
c. manipulator kebudayaan
d. pencipta kebudayaan

Pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta penecah dan penyelesaian. Dalam rangka survive maka manusia harus mampu memenuhi pa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara.

Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya bisa kita sebut way of life, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

0 komentar:

Posting Komentar