Definisi Konflik menurut beberapa ahli :
Menurut Nardjana (1994) Konflik adalah akibat situasi dimana
keinginan atau kehendak yang berbeda atau berlawanan antara satu dengan
yang lain, sehingga salah satu atau keduanya saling terganggu.
Menurut Killman dan Thomas (1978), konflik merupakan kondisi
terjadinya ketidakcocokan antar nilai atau tujuan-tujuan yang ingin
dicapai, baik yang ada dalam diri individu maupun dalam hubungannya
dengan orang lain. Kondisi yang telah dikemukakan tersebut dapat
mengganggu bahkan menghambat tercapainya emosi atau stres yang
mempengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja (Wijono,1993, p.4)
Menurut Wood, Walace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, dan Osborn
(1998:580) yang dimaksud dengan konflik (dalam ruang lingkup organisasi)
adalah: Conflict
is a situation which two or more people disagree over issues of
organisational substance and/or experience some emotional antagonism
with one another.
yang kurang lebih memiliki arti bahwa konflik adalah suatu situasi
dimana dua atau banyak orang saling tidak setuju terhadap suatu
permasalahan yang menyangkut kepentingan organisasi dan/atau dengan
timbulnya perasaan permusuhan satu dengan yang lainnya.
Menurut Stoner Konflik organisasi adalah mencakup ketidaksepakatan
soal alokasi sumberdaya yang langka atau peselisihan soal tujuan,
status, nilai, persepsi, atau kepribadian. (Wahyudi, 2006:17)
Jadi dapat disimpulkan bahwa konflik merupakan suatu masalah yang
timbul akibat ketidakcocokan ataupun akibat perbedaan pendapat dalam
suatu organisasi,masih banyak lagi faktor-faktor penyebab konflik.
Macam-macam konflik dalam Organisasi Misalnya Seperti,
>> Konflik antar bawahan di bagian yang sama dalam sebuah organisasi
,konflik dari pihak bawahan dengan pihak bawahan yang setara bagiannya,misalnya konflik antar seksi dalam organisasi
>> Konflik antara bawahan dan pimpinan di bagian yang sama
dalam sebuah organisasi,konflik antara bawahan dengan pimpinan,seperti
sekretaris dengan ketua,bendahara dengan ketua.
>> Konflik antar bawahan di bagian yang berbeda dalam sebuah
organisasi,konflik antara bawahan namun di bagian yang berbeda.
>> Konflik antara pimpinan dan bawahan di bagian yang berbeda
dalam sebuah organisasi,misalnya konflik antara pimpinan dari seksi A
dengan Bawahan dari seksi B
>> Konflik antar pimpinan bagian yang berbeda dalam sebuah organisasi.
Dan lain sebagainya,konflik antar pimpinan namun dalam bagian yang
berbeda,misalnya konflik antara ketua seksi A dengan Ketua seksi B yang
saling berbeda pendapat
Semua konflik pasti memiliki sumber dan penyebab-penyebab,berikut ini ada beberapa sumber konflik dalam sebuah organisasi :
>> faktor komunikasi (communication factors) : Disebabkan oleh
Kesalahan komunikasi atau komunikasi yang kurang baik antar
bawahan,antar pimpinan ataupun antar bawahan dan pimpinan
>> faktor struktur tugas maupun struktur organisasi (job
structure or organization structure) : Disebabkan oleh kurang baiknya
susunan struktur organisasi yang dibuat.
>> faktor yang bersifat personal. (personal factors) :
Disebabkan oleh faktor individu yang memang sudah saling memiliki
konflik satu sama lainnya
>> faktor lingkungan (environmental factors) : Faktor
lingkungan yang kurang mendukung organisasi tersebut sehingga terjadi
konflik satu sama lainnya.
Setiap konflik atau masalah pasti bisa diatasi ,asalkan dengan cara
dan pendekatan yang benar,ada beberapa tahapan dalam penyelesaian
konflik dalam organisasi.
Stimulasi Konflik
• Peningkatan persaingan antar individu dan kelompok
• Pelibatan pihak eksternal ke dalam bagian dimana konflik terjadi
• Perubahan aturan main atau prosedur yang ada
Pengendalian Konflik
• Perluasan penggunaan sumber daya organisasi
• Peningkatan Kordinasi dalam organisasi
• Penentuan tujuan bersama yang dapat mempertemukan berbagai
pihak yang terlibat dalam konflik
• Mempertemukan perilaku dan kebiasaan kerja dari para pegawai
sumber : http://aditiodoank.wordpress.com/2011/12/09/konflik-organisasi/
Minggu, 25 November 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar