Pages

Subscribe:

Rabu, 15 Mei 2013

Masakan khas Betawi


Kerak Telor
     Kerak telor adalah makanan khas dari betawi. Kenapa bisa disebut kerak telor? Sebelumnya kita akan mengulas balik tentang asal-usul “kerak telor”. Zaman dahulu ada seorang jawara betawi yang sering disebut Si Pitung. Si pitung bersilahturahmi ke rumah mertuanya dan mertuanya menyuguhi pitung makanan yaitu berupa nasi,tetapi pitung malah pergi ke dapur untung mengambil kerak (nasi gosong) dan dicampur dengan telor. Dan dari situ lah masyarakat betawi menjadikan “kerak telor” adalah makanan tradisi khas betawi,tetapi zaman sekarang kerak telor sudah jarang sekali kita jumpai. Hanya pada saat pekan raya jakarta.
Bahan-bahannya adalah : 
· 2 sendok sayur Beras ketan(dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam)
· 1 sdm Kelapa konseng (menggunakan bumbu rendang)
· 1 sdt Garam
· 1 sdt Mecin
· 2 sdm Eby (udang kering)
· ½ sdt Lada
· 1 sdm Serundeng
· 1 ½ sdt Bawang goreng
· 1 Telor bebek / ayam (tergantung selera)
Alat untuk memasaknya :
§  Anglo (tungku)
§  Penggorengan
Cara membuatnya :
Panaskan penggorengan kerak telur hingga cukup panas. Masukkan satu sendok sayur ketan yang sudah direndam beserta airnya, tutup dan masak kurang lebih 2 menit. Lalu  masukan 1 sdm serundeng, 1 sdt garam, 1 sdt mecin, 2 sdm eby, ½ sdt lada, 2 buah cabai rawit diaduk-aduk hingga merata. Lalu yang terakhir masukan 1 telor bebek lalu aduk-aduk ratakan disisi penggorengan sehingga berbentuk lingkaran. Lalu penggorengannya di balik hingga permukaan atas kerak telor terbakar. Setelah itu di balik lagi dan siap untuk disajikan.  
Cara penyajiannya :
Di tarok kerak telornya diatas kertas bungkus lalu diatasnya ditaburi kelapa konseng dan bawang goreng.


Menurut kami kerak telor itu Rasanya gurih dan enak karena kerak telor bersumber dari campuran beras ketan, telor, eby, dan lada sangat terasa sekali di lidah. Apalagi kelapa konseng dan bawang gorengnya yang ditaburi diatas kerak telor yang menambah rasa kerak telor menjadi enak. Sayang sekali kalau orang betawi belum mencoba masakan yang satu ini. Makanan ini bias di nikmati sambil nonton tv dan suasana yang santai.

0 komentar:

Posting Komentar