Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Desember 2011

Kebudayaan Masyarakat Indonesia

    Setiap Manusia yang hidup di bumi ini membina hubungan yang baik antara manusia satu dengan yang lainya maupun hubungan antara manusia dengan alam dan lingkungan di sekitarnya. kemampuan manusia membina hubungan dengan lingkungannya secara aktif itu telah membuka peluang bagi pengembangan berbagai bentuk organisasi dan kebudayaan menuju peradaban.

Kebudayaan sendiri adalah salah satu kata yang merujuk pada perkembangan intektual, spritualitas, dan estetika pada sebuah masyarakat. Kebudayaan pun disepakati sebagai buah tangan dari manusia dan melalui konstruksi sosial.

Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari beraneka suku bangsa akhirnya melahirkan berbagai macam jenis kebudayaan yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang ke anak cucu mereka. Berbagai macam jenis kerajinan, kesenian, maupun masakan yang mencirikan ke-khasan daenah masing-masing adalah warisan yang tak ternilai harganya.
Namun perkembangan zaman dan teknologi yang begitu cepat membuat perkembangan kebudayaan Indonesia menjadi tersendat dewasa ini. Betapa tidak, Remaja-remaja saat ini lebih senang bermain video game dari pada memainkan permainan tradisional seperti congklak, galaksin, dan permainan lainnya. Mereka lebih memilih memakan makanan siap saji dari pada makanan tradisional yang notabene adalah makanan khas mereka sendiri seperti Gudeg. Dan Lebih bangga jika memakai pakaian bermerk perancang terkenal dari pada memakai batik yang merupakan warisan leluhur kita. Kesenian seperti wayang dan tarian tradisional pun sangat jarang ditemui. Mungkin sesekali kesenian tersebut dipentaskan di salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia, namun miris sekali jika mengetahui jumlah pengunjung yang menyaksikannya hanya sedikit sekali.

Lalu ketika Negara tetangga mengklaim bahwa kebudayaan-kebudayaaan Indonesia adalah milik mereka, kita baru mulai sibuk dan memprotes semua tindakan mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang telah dilakukan oleh Negara tetangga itu tidak benar dan menyakiti perasaan bangsa Indonesia. Namun dibalik semua itu ada hikmah yang dapat kita dapatkan. Sekarang Pemerintah sedang gempar-gemparnya mematenkan semua kebudayaan kita, Masyarakat Indonesia juga menjadi semakin peduli dan menghargai kebudayaan yang mereka miliki, terbukti dengan munculnya tren batik di Industri Fasion. Pagelaran-pagelaran kebudayaan sering dipertunjukkan di sekolah-sekolah dan di berbagai event untuk tetap melestarikan budaya Indonesia.

Sudah sepatutnyalah kita melestarikan apa yang telah diwariskan oleh nenek moyang kepada kita. Bukan karna takut dicuri oleh Negara lain, tapi karena kita mencintai budaya negeri kita sendiri.
Mari kita lestarikan kebudayaan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar